PROJECT HIGHLIGHT

 

Peningkatan kompetensi lulusan Universitas baik bersifat umum atau kejuruan sangat diperlukan untuk menentukan jenjang pendidikan tinggi selanjutnya. Hal ini dapat berhasil dengan baik jika didukung dengan layanan  pendidikan  yang sinergis antar  komponen  satu dengan  lainnya  dalam  satu  sistem pendidikan.  Untuk pencapaian hal tersebut diperlukan sistem yang terintegral  dan online sehingga proses dan pencapaian dapat terarah, terukur dan tertata dengan baik.

 

 

Campus  management  system  merupakan    aplikasi    berbasis     web     yang     mendukung otomatisasi                       proses    bisnis  kegiatan  di  Universitas  .  Dengan  standar  DIKTI  dan   telah disesuaika denga kurikulu berbasis kompetensi DIKTI,   mendukung kelas imersi, melakuka penghitunga  penilaia secara   otomatis     dan           pelaporan -pelaporan administrasi             Universitas                       yang       dilakukan                      dengan      hanya    menekan  tombol  d i  layar

komputer Anda.

 

II.   DESIGN & ARCHITECTURE OPTIONS

 

A.  ARCHITECTURE OVERVIEW

 

 

 

Aplikasi  CampuManagement System  diimplementasikan  dengan  teknologi  berbasis web.  Aplikasi ini dibangun dan terintegrasi antara satu modul dengan modul yang lain sehingga memudahkan kontrol dan akuntabilitas antara proses bisnis yang satu dengan

yang lainnya.

 

 

1.    Log Aktivitas / Akses

 

Setiap aktivitas user akan disimpan dalam log untuk tracking histori user jika diperlukan.

2.    Enkripsi Data Sensitif

 

Untuk data yang sensitif maka akan dilakukan enkripsi, seperti session dan password.

 

3.    HTTPS / SSL

 

Bilaman ad akses   dar jaringa publik   internet,   mak data   yang   bersifat sensitif  akan dikirimkan dengan https untuk menjamin bahwa data tidak bisa dibuka ditengah jalan.


  

 

4.    Validasi Data Input

 

Setiap pengiriman data dicek  apakah data tersebut sesuai denga data   yan telah didefinisikan sebelumnya, bila numerik maka harus diinputkan numerik. Hal ini dilakukan untuk menghindari script injection.


 

 

 

B PENDAFTARAN MAHASISWA BARU

 

 

 

Modul yang berfungsi untuk mengelola data pendaftaran mahasiswa baru:

 

1.    Data Mahasiswa Baru

 

Data mahasiswa baru beserta kelengkapan dan status persyaratan yang harus dipenuhi maupun yang telah dipenuhi oleh mahasiswa baru tersebut.

2.    Registrasi & Daftar Ulang Mahasiswa Baru

 

Untuk proses PMB dibagi menjadi dua tahapan utama yang dapat ditentukan biaya dan dokumen yang harus dikumpulkan oleh calon mahasiswa, bisa bersifat online dengan upload atau harus diberikan secara manual.

3.    Diskon Periode Promosi, Beasiswa & Model Pembayaran

 

Pengaturan mekanisme promosi untuk setiap proses PMB berdasarkan keperluan seperti, model pembayaran dengan tunai atau cicilan, pemberian beasiswa untuk mahasiswa tertentu baik bersifat internal, swasta atau dari pemerintah. PMB juga dapat dilakukan dengan model pendekatan diskon, seperti pembayaran sebelum tanggal tertentu diberikan diskon.

4.    Otomatisasi Proses Penerimaan

 

Proses penilaian dan penyaringan data calon mahasiswa yang diterima baik pada tahapan Registrasi atau Daftar Ulang dapat dilakukan otomatis atau manual.

5.    Pelaporan & Pencetakan Data PMB

 

Dari proses PMB dapat diketahui hasil penerimaan mahasiswa baru dalam bentuk laporan data mahasiswa yang diterima dan tidak diterima, atau pembiayaan- pembiayaan yang sudah dibayarkan oleh mahasiswa baru tersebut.

6.    Konfigurasi / Parameter Profil PMB

 

Setiap proses PMB dapat ditentukan jenis dokumen dan pembiayaan yang harus dilakukan oleh setiap mahasiswa baru, profiling ini dapat dilakukan hingga level jurusan sehingga akan lebih dinamis, dan mendukung proses penerimanaan mahasiswa melalui beberapa jalur dengan syarat dokumen dan biaya berbeda, dengan proses bersamaan.


 

 

 

 

C.   KEMAHASISWAAN

 

 

 

Modul yang berfungsi untuk mengelola data mahasiswa, dengan fungsionalitas sebagai berikut:

1.    Data Mahasiswa

 

Data mahasiswa meliputi data pribadi, keluarga, kesehatan, kriminal, pendidikan dan prestasi atau penghargaan.

2.    Data Alumni

 

Update data     alumni, status alumni apakah sudah bekerja atau meneruskan ke

 

Universitas jenjang berikutnya.

 

3.    Mutasi Mahasiswa

 

Mengatur perpindahan mahasiswa baik dikarenakan penerimaan / pendaftaran mahasiswa baru, pindah universitas, berhenti dan diberhentikan serta kelulusan.

4.    Beasiswa

 

Alokasi dan manajemen beasiswa untuk setiap mahasiswa aktif berdasarkan kriteria dan benefit yagn dapat ditentukan lebih lanjut.

5.    UKM

 

Menu untuk pengelolaan anggaran UKM yang tidak terhubung dengan modul keuangan. Menu ini berfungsi untuk pencatatan pengelolaan anggaran bagian kemahasiswaan, berikut realisasinya.

6.    CDC

 

Upload lowongan dari sisi admin untuk dapat di akses dan apply langsung dari portal mahasiswa.

7.    Pelaporan & Pencetakan Data Mahasiswa

 

Pelaporan dan pencetakan data kemahasiswaan yang dapat dicari berdasarkan kriteria pencarian tertentu.


 

 

 

 

D.  AKADEMIK

 

 

 

Modul yang berfungsi untuk mengelola proses akademik yang ada di kampus, dengan fungsionalitas sebagai berikut:

1.    Kalender Akademik

 

a.    Berdasarka tanggal  mulai  dan  tanggal  selesai  tahun  ajaran  yang  telah aktif  dan  kemudian didefinisikan/dipecah dalam periode akademik (semester).

b.    Mendefinisika tangga hari   libu berdasarka jeni hari   libu tersebut untuk   tahu ajaran aktif, minimal input/minimal pendefinisian tanggal hari libur adalah tanggal di antara tanggal mulai dan selesai tahun ajaran aktif.

c.     Mendefinisikan jenis kegiatan akademik yang akan ada pada tahun ajaran aktif

 

(ujian, finalisasi term akademik, kenaikan kelas, kelulusan), dari setiap kegiatan akademik itu akan didefinisikan tanggal mulai dan tanggal selesai kegiatan.

d.    Hasi dari   kalende akademi aka ditampilka k user   dala bentuk

 

timeline/gantt chart  atau grafik yang menampilkan Jadwal kegiatan yang mirip dengan timeline/gantt chart.

2.    Kurikulum

 

a.    Mendefinisikan  mata  kuliah  dan  satuan  pengajaran,  pengelompokan  mata kuliah per kurikulum.

b.    Mendefinisikan  program  pengajaran  pada    tahun      ajaran     aktif      yang diturunka berdasarkan periode akademik dan                             mata      kuliah.    Program pengajaran  meliputi  program  tahunan,  program   setiap  periode  akademik (semester).

c.     Mendefinisikan satuan waktu pembelajaran yang akan digunakan seperti SKS

 

dan konversi faktualnya dalam menit.

 

d.    Mendefinisikan  kriteria  dan  mekanisme  evaluasi  dan  penilaian  serta  aspek penilaian dsetiap mata mata kuliah.

e.    Mendefinisikan mekanisme dan kriteria pengayaan dan perbaikan.

 

f.     Mendefinisikan jenis  kelompok mata kuliah yang          akan     diselenggarakan, jeni kelompo mata   kulia berdasarkan/mengikut standar   pendidikan nasional.


 

 

g.    Menentukan  prasyarat  setiap  Mata  Kuliah  yang  diperlukan,  dan  nilai -nilai minimum yang diperbolehkan.

h.    Perubahan  kurikulum  dan  proses  konversi  Mata  Kuliah  yang  diambil  oleh mahasiswa  untuk  dapat  diubah  menjadi  Mata  Kuliah  baru  yang  ada  d i kurikulum yang telah diperbarui.

3.    Dosen

 

a.    Dosen Pembimbing Akademik / Wali

 

Mengatur data dosen pembimbing akademik / wali agar setiap mahasiswa mendapatkan  dosen  wali  yang                            datanya         mengacu  ke  data  dosen  yang available.

b.    Dosen Akademik

 

Menentukan siapa saja dosen yang menjadi dosen akademik, untuk selanjutnya dapat ditentukan sebagai dosen matakuliah.

c.     Kesediaan Mengajar Dosen

 

Menu untuk mengatur kesediaan mengajar dosen, baik dosen tetap maupun dosen  tidak tetap, dimana pada pada beberapa kasus terdapat do sen yang tidak dapat mengajar secara full sesuai hari dan kerja universitas. Hal ini dilakukan untuk memudahkan penjadwalan melalui generate otomatis jadwal mengajar.

4.    Absensi dan Kehadiran

 

Digunakan untuk mendukung proses absensi mahasiswa, proses absensi dilakukan setiap hari dan dapat diturunkan berdasarkan jam kuliah. Acuan jam kuliah yang telah didefinisikan secara independen, sehingga setiap kelas memungkinkan untuk memiliki jam mata kuliah yang berbeda berdasarkan kurikulum yang dipakai di kelas tersebut.

5.    Jadwal Kelas Kuliah

 

a.    Pengalokasian otomatis jadwal kelas kuliah semester 1.

 

b.    Mendefinisikan jadwal mata kuliah dalam slot jam mata kuliah yang digunakan dalam kurikulum berdasarkan alokasi waktu jam mata kuliah yang telah ditentukan.

c.     Mendefinisikan jadwal dosen mata kuliah berdasarkan jadwal matakuliah.


 

 

d.    Mendefinisika saran prasaran yan aka dipaka sebaga pendukung proses  kegiatan belajar mengajar.

6.    Penjurusan Program Studi

 

a.    Modul  yang  berfungsi  untuk  penjurusan  program  studi  mahasiswa  (saat  ini penjurusan  dilakukan  berdasarkan  kelas   dari  mulai  pendaftaran,  referensi prestasi, proses seleksi dan penerimaan di program studi).

b.    Pendefinisian kelas program studi dan kuota penerimaan mahasiswa yang bisa

 

ditampung dan persyaratan nilai minimal yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. c.       Proses  pendaftaran  mahasiswa  ke  kelas  program  studi  yang  diminati  dan

pilihan program studi lainnya  jik piliha pertama  tidak  terpenuhi dalam

 

pendaftaran  tersebut  juga  disediakan fasilitas referensi.

 

7.    Registrasi Akademik / Kartu Rencana Studi & Kartu Hasil Studi

 

a.    Melakuka prose dafta ulan da pembayara biaya  akademik  untuk periode akademik selanjutnya.

b Akses jadwal registrasi KRS dari portal mahasiswa, dengan approval oleh dosen pembimbing akademik/wali.

c.    Mencetak KRS dan KHS yang diambil oleh mahasiswa per semester.

 

8.    Standarisasi DIKTI

 

Pelaporan standar DIKTI yang dapat dihasilkan secara otomatis dan dapat diakses secara online tanpa melakukan proses manual.

9.    Pelaporan dan Pencetakan Data Akademik

 

Pelaporan dan pencetakan data akademik yang dapat dicari berdasarkan kriteria pencarian tertentu.


 

 

 

 

E.   JURUSAN / PROGRAM STUDI

 

 

 

1.     Data Mahasiswa

 

Mengakses dan memproses data-data kemahasiswaan sesuai jurusan   / program studi yang bersangkutan.

2.     Data Akademik

 

Melakukan akses dan memproses data-data akademik yang berhubungan dengan jurusan / program studi yang bersangkutan.

3.     Skripsi & Thesis

 

Proses pencatatan, monitoring dan kontrol pelaksanaan Skripsi / Non Skripsi setiap mahasiswa, termasuk proses konseling dan lainnya.

4.     Data Dosen

 

Pengelolaan dosen pembimbing akademik mahasiswa berdasarkan program studi.

 

5.     Hubungan Eksternal

 

Pengelolaan program magang,kunjungan perusahaan dan seminar yang dilakukan mahasiswa.

6.     Sertifikasi Mahasiswa

 

Pengelolaan sertifikasi mahasiswa  ketika telah selesai melakukan seminar, magang atau kunjungan perusahaan.

7.     Sidang Yudisium, Sidang Skripsi / Thesis

 

Pencatatan data kelulusan Skripsi/Thesis dan Yudisium, proses kelulusan yudisium ini dapat dilakukan juga secara otomatis berdasarkan parameter yang diinputkan sebelum pemrosesan.

8.     Pelaporan & Pencetakan Data Jurusan

 

Pelaporan dan pencetakan data akademik yang dapat dicari berdasarkan kriteria pencarian tertentu.


 

 

 

 

F.   LABORATORIUM

 

 

 

1 Data Asisten

 

Pengelolaan data asisten termasuk juga penerimaan asisten hingga alokasi kelas dan asistensi termasuk penjadwalan.

2 Kelas Kuliah Laboratorium

 

Mencatat proses aktivitas di laboratorium baik praktek atau kelas kuliah, termasuk jadwal, pelaksanaan kegiatan dan kehadiran.

3 Ujian Akademik Laboratorium

 

Proses   penilaia da evaluas mahasiswa   denga melakuka pengujian dari penyusunan materi ujian, penjadwalan dan alokasi ruang serta pengawas.

4 Honor & Bonus Asistensi

 

Pengisian  appraisal  untuk  asistensi  berdasarkan  jenisnya,  apakah  berdasarkan koreksi, pengawasan ujian atau item lainnya.

5 Pelaporan & Pencetakan

 

Pelaporan dan pencetakan data laboratorium yang dapat dicari berdasarkan kriteria pencarian tertentu.


 

 

 

G.  MANAJEMEN ASSET

 

 

 

1.    Manajemen Vendor

 

Pengaturan daftar vendor baik supllier atau mitra yang berkerjasama dalam pengadaan atau pemeliharaan asset, yang meliputi data vendor, alamat, alamat pengiriman , data kontak person, dan default akun untuk pembelian.

2.    Pengelompokan Kategori Asset

 

Pengelompokan kategori asset berdasarkan jenis asset, seperti tangible / intangible, fixed asset, current asset, information asset.

3.    Manajemen Gudang / Lokasi Penyimpanan

 

Pengaturan gudang atau lokasi yang dapat digunakan untuk penyimpanan asset. Sistem ini dapat mendukung lokasi penyimpanan lebih dari satu.

4.     Mutasi Pemegang dan Penguasaan Asset

 

Proses perpindahan asset dari satu pihak ke pihak lain, termasuk dari gudang penyimpanan ke pemegang tertentu.

a.    Penerimaan Asset ke Gudang

 

b.    Pengeluaran Asset dari Gudang c.       Perpindahan Pemegang Asset

5.    Pengelolaan & Pemeliharaan Asset

 

Modul    yang   digunakan    untuk    pengelolaan   dan    pemeliharaan   asset,   baik pengelolaan  yang  bersifat  periodik  atau  tidak.         Untuk  modul  ini  maka  akan dibedakan berdasarkan jenis asset yang seringkali ada di kampus yaitu:

a.    Modul Gedung & Ruang b.       Modul Alat Tulis Kantor

c.     Modul Kendaraan Bermotor

 

6.    Tracking Asset & Pemegang Asset

 

Modul yang digunakan untuk mengetahui posisi dan pemegang asset saat ini dan status asset tersebut apakah masih aktif atau sudah diterminasi.

7.    Pengadaan & Pembelian Asset

 

Modul  yang  mencatat  proses  pengadaan  dan  pembelian  asset,  dimana  untuk tagihan invoice telah terintegrasi dengan modul keuangan.


 

 

8.    Penjualan & Likuidasi Asset

 

Modul  yang  mencatat  proses  penjualan  dan  likuidasi  asset  yang  dimiliki  oleh kampus, proses penjualan secara detail seperti proses quotation, negotia tion, sales order, invoice hingga payment yang terkoneksi dengan modul keuangan.

9.    Inventarisasi Asset

 

Modul yang berfungsi untuk melakukan proses pencatatan keseluruhan asset yang dimiliki kampus berdasarkan nilai asset saat ini, pemegang asset saat ini dan status asset saat ini. Dimana hasil dari inventaris ini akan menghasilkan laporan asset yang tercatat di sistem dan yang ada secara aktual di lapangan.

10.  Depresiasi & Terminasi Asset

 

Modul yang berfungsi untuk melakukan proses depresiasi asset atau termina si asset yang sudah tidak bisa digunakan kembali.

11.  Laporan & Pencetakan

 

Laporan dan pencetakan data pelaporan asset yang dimiliki kampus, seperti :

 

a.    Laporan DIR (Daftar Inventaris Ruang)

 

b.    Laporan Induk Inventaris c.       Laporan inventaris


 

 

 

H.  PERPUSTAKAAN DIGITAL/ONLINE

 

 

 

1 Katalog Online

 

a Melakukan pencarian buku dan media lainnya seperti e-book, video, data suara, animasi yang ada di perpustakaan berdasarkar judul atau deskripsi lainnya. Pencarian dalam katalog akan menghasilkan data buku dan media yang dicari, lokasi penyimpanan dan status buku dan media apakah tersedia atau sedang dalam status dipinjam dan informasi pengembalian.

b.   Katalog online akan menampilkan daftar buku & media terbaru, terpopuler atau yang disarankan untuk di baca.

2 Pemesanan / Booking

 

a.   Setiap buku dan media yang ada diperpustakaan dapat dipesan secara online, pemesanan batal bilamana pada hari itu atau jam tertentu tidak diambil. Buku yang sudah dikembalikan dan dalam status pesan maka buku tersebut tidak dapat dipinjam.

b. Modul pemesanan ini dapat diaktifkan atau tidak diaktifkan tergantung kebutuhan perpustakaan.

3 Peminjaman & Pengembalian

 

Menu yang menangani mekanisme peminjaman dan pengembalian, termasuk persyaratan peminjaman seperti jumlah dan maksimal buku dan media yang dipinjam,   maksima waktu   peminjama da juga   persyarata pengembalian termasuk penghitungan denda jika ada keterlambatan pengembalian.

4 Sanksi & Denda

 

Modul  yang  menangani  proses  denda  dan  sanksi  bilamana  anggota  menyalahi aturan dan prosedur hak & kewajiban sebagai angggota perpustakaan tersebut.

5 Keanggotaan

 

Modul     yang     menangani     manajemen     keanggotaan     perpustakaan,     mulai daripendaftaran, pembayaran biaya dan penentuan masa keanggotaaan.

6 Inventarisasi / Stock Opname


 

 

Modul  yang  menangani  inventarisasi  buku  dan  media  perpustakaan,  mel iputi pengadaan/ pembelian, inventarisasi data buku, penggantian buku bilamana terjadi kehilangan.

7 Barcode System

 

Modul yang digunakan untuk membaca kode barcode. Barcode system juga menyediakan media untuk mengenerate no mahasiswa (no induk atau semacamnya) ke kode barcode.


 

 

 

I.    AKUNTANSI DAN KEUANGAN

 

 

 

Modul akunting digunakan untuk menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan akuntansi, sehingga modul ini memudahkan para akunting untuk memonitor pelaporan keuangan perusahaan dan segala sesuatu yang berkenaan dengan kebijakan keuangan manajemen yang berhubungan dengan sistem akunting.

 

 

1.    Anggaran

 

Alokasi setiap akun anggaran berdasarkan jumlah tertentu dan mencatat realisasi anggaran dan pengeluaran.

2.    Data Transaksi Real Time

 

Setiap  transaksi  yang  nantinya  akan  bermuara  di  akuntansi  dan  diintegrasikan secara online akan terlihat dan dapat diakses secara real time.

3.    Chart Of Account

 

Manajemen akun transaksi keuangan berdasarkan kebutuhan internal, yang dikelompokkan berdasarkan jenis kelompok akun.

4.    Transaksi & Journal

 

Pemrosesan data transaksi dan jurnal yang langsung terintegrasi dengan modul lain secara otomatis / semi otomatis atau bila diperlukan dapat diproses secara manual.

5.    General Ledger

 

Data Buku Besar berdasarkan jurnal dan transaksi yang telah di posting, Buku Besar ini juga mendukung periode – 13 untuk mendukung proses audit keuangan.

6.    Pencetakan & Pelaporan Finansial

 

Mendukung pencetakan dan pelaporan Laporan Keuangan, Laba Rugi, Arus Kas, Pendapatan, Perubahan Modal yang dapat difilter berdasarkan periode keuangan yang diperlukan.


 

 

 

J.    KEPEGAWAIAN

 

 

 

Mengatur,  mengontrodan  memonitor sumber daya manusia. Sehingga manajemen akan sangat mudah melakukan pencarian, evaluasi dan pengaturan sumber daya manusia dalam perusahaan tersebut secara maksimal.

 

 

1 Manajemen Organisasi

 

Modul yang berfungsi untuk melakukan pengaturan Struktur Organisasi aktif, Pengawakan Organisasi, Distinct Job Manual, Job Competency dan Carreer Plan yang telah ditentukan.

2 Rekruitasi Pegawai Baru

 

Modul yang berfungsi untuk menyimpan data kandidat serta melakukan rekruitasi dan penerimaan pegawai baru.

3 Manajemen Data Kepegawaian

 

Modul yang digunakan untuk mengatur dan mencatat data kepegawaian, seperti biodata  atau  data  pribadi, data  orang tua,  data  keluarga,  data  kesehatan,  jenis kepegawaian, data pendidikan dan data lain yang berhubungan dengan informasi pegawai tersebut.

4 Mutasi & Riwayat Kepegawaian

 

Modul yang berfungsi untuk mencatat riwayat kepegawaian baik bersifat mutasi, promosi, atau degradasi untuk setiap jabatan, baik yang dikarenakan oleh periode kenaikan, transformasi organisasi atau faktor penentu lainnya. Modul ini juga mendukung jabatan – jabatan yang bersifat strukturall atau fungsional.

5 Penghargaan & Hukuman

 

Modul yang berfungsi untuk mengatur penghargaan dan hukuman yang diberikan kepada setiap pegawai.

6 Manajemen Kompetensi

 

Modul yang digunakan untuk mencatat, mengatur dan meningkatkan kompetensi pegawai  yang  meliputi,  Manajemen  Keahlian  &  Kompetensi,  Pelatihan,  Studi Banding / Benchmark.

7 Fasilitas Kepegawaian


 

 

Modul  yandigunakan  untuk  manajemen  fasilitas  yandiberikan  ke  pegawai, seperti  AsuransKesehatan, Jaminan  Pensiun/Hari Tua, Car Ownership  Program/ Kepemilikan Mobil atau fasilitas lain seperti mobil dinas.


 

 

 

K PENGGAJIAN

 

 

 

1.    Komponen Gaji

 

Menu     yang    berfungsi     untuk     menginputkan     komponen-komponen      yang mempengaruhi nilai gaji.

2.    Penghitungan / Payroll

 

Menu yang berfungsi untuk menghitung gaji berdasarkan variabel faktor penghitungan gaji dan potongan gaji sehingga diperoleh nilai gaji keseluruhan / take home pay.

3.    Penghitungan Honor & Bonus

 

Proses penghitungan honor dan bonus berdasarkan kebijakan internal baik berdasarkan data akademik, data kepegawaian atau data penugasan lainnya.

4.    Penghitungan Pajak Pegawai

 

Proses penghitungan pajak pegawai berdasarkan aturan dari pemerintah.

 

5.    Renumerasi dan Kenaikan Gaji

 

Menu yang digunakan untuk penghitungan ulang gaji yang disebabkan karena penyesuaian dikarenakan peraturan pemerintah, dan kenaikan gaji pegawai yang disebabkan adanya promosi atau bonus lainnya.

6.    Pencetakan & Pelaporan

 

Menu yang digunakan untuk membuat dan mencetak laporan data penggajian pegawai seperti slip gaji, slip lembur, slip potongan dan laporan lainnya, baik yang berbentuk sheet atau chart untuk setiap pegawai.


 

 

 

L.    DASHBOARD PELAPORAN

 

 

 

Dashboard adalah sistem yang digunakan untuk mengakses laporan. Mulai dari laporan operasional  hingga  berbentuk  ringkasan.  Modul-modul  yang  dikembangkadalam sistem ini meliputi beberapa modul yang saling berhubungan dan terintegrasi, meliputi:

1.    Laporan operasional

 

Setiap proses dalam campus management system ini akan ditampilkan laporan- laporan secara detil yang dapat dieksport dalam format excel atau PDF berdasarkan ketersediaan. Laporan ini dapat digunakan sebagai acuan dalam proses validasi dan penacapaian kinerja unit.

2.    Laporan eksekutif

 

Menu executive report ini menyediakan laporan secara global sehingga  maka top management dapat   dengan mudah memperoleh kesimpulan perihal performansi atau pencapaian secara keseluruhan dan memudahkan dalam melakukan analisis terhadap perkembangan universitas.

3.    Laporan Analisis & Summary

 

Dalam analisis laporan ini berisi tentang data pencapaian -pencapaian dan laporan analisis berdasarkan data yang telah diinputkan sebelumnya. Laporan ini juga berguna untuk mengambil kebijakan strategis di masa mendatang.

4.    Laporan DIKTI

 

Berisi laporan-laporan standard DIKTI yang dapat di ekport ke dalam format excel, maupun bentuk print-out. Output Laporan DIKTI tersebut adalah output minimum. Apabila diperlukan output dalam bentuk lain maka kami dapat meng-up grade output data.


 

 

 

 

M. PORTAL

 

 

 

1.  Portal PMB

 

a Mengelola  pendaftaran  mahasiswa  baru  secara  mandiri,  yang  dapat  diakses secara online.

b Upload dokumen kelengkapan persyaratan penerimaan mahasiswa baru.

 

c Menampilkan biaya yang telah dibayarkan maupun yang harus dibayarkan oleh pendaftaran.

d Menampilkan kelengkapan persyaratan penerimaan mahasiswa, maupun daftar ulang.

 

 

2.  Portal Mahasiswa

 

a Menampilkan Data personal mahasiswa.

 

b Mempermudah mahasiswa dalam melihat perkembangan akademik mahasiswa selama dia masih menjadi mahasiswa universitas.

c Memudahkan mahasiswa dalam pengisian KRS mahasiswa secara online.

 

d Mahasiswa dapat melihat nilai  yang telah diperoleh selama studi berlangsung sesuai dengan matakuliah yang diambil oleh mahasiswa.

e.   Mahasiswa dapat melihat data pribadi personal mahasiswa yang b ersangkutan.

 

f.    Mahasiswa  dapat melihat seluruh KHS dan  KRS  yang pernah diambil ataupun melihat matakuliah yang belum diambil.

g Reservasi buku yang ada di perpustakaan melalui portal mahasiswa.

 

h Apply langsung lowongan pekerjaan dari portal mahasiswa atas informasi yang telah diinputkan oleh admin.

i.    Menampilkan biaya kuliah mahasiswa.

 

j.    Pengajuan judul jurnal/proposal, dan skripsi dari portal mahasiswa.

 

 

 

3.  Portal Dosen

 

a Menampilkan data personal dosen.

 

b.  Pencatatan kegiatan akademik perkuliahan dosen bersangkutan.

 

c Memberikan proses penilaian untuk setiap mahasiswa dosen bersangkutan.


 

 

d.  Alat bantu untuk proses registrasi KRS bilamana menjadi dosen wali mahasiswa.

 

e.   Input kesediaan mengajar dosen sebagai acuan untuk penjadwalan otomatis kelas kuliah.

 

 

4.  Portal Asisten

 

a Data personal sesuai dengan akses oleh user tersebut.

 

b Proses  aktivitas  akademik  dimulai  dari  jadwal,  kelas  kuliah,  praktikum  dan penilaian.

c Layanan mandiri untuk mengakses data-data yang berhubungan dengan kalkulasi honor dan presensi.

 

 

5.  Portal Alumni

 

a Data personal alumni sesuai dengan yang tercatat di sistem.

 

b Data   curriculu vita yan dapa disesuaika untu kebutuha lamaran pekerjaan.

c Data lowongan pekerjaan dan alumni dapat melakukan aplikasi lamaran secara langsung.


 

 

N.  ADMINISTRASI & KONFIGURASI

 

 

Modul administrasi dan konfigurasi yang digunakan untuk mengatur parameter atau master data dan privilege hak akses user serta fungsionalitas untuk menjamin sistem dapat berjalan dengan baik dan benar, fungsionalitas modul ini meliputi :

a Master Data Global

 

Mendefinisikan  data-data  master  yanbersifat  global  dan  diakses  oleh  semua modul sebagai data referensi.

b Master Data Modul

 

Modul yang digunakan untuk mendefinisikan master data yang digunakan di modul lainnya,PMB, Kesiswaan, Akademik, Kepegawaian, Payroll, Manajemen Asset, Keuangan dan lainnya.

c.   Manajemen Privilege / Hak Akses & User

 

Modul ini berfungsi untuk proses pemberian hak akses user dan pengelompokan user yang dapat mengakses sistem, berdasarkan parameter jenis modul, menu atau waktu tertentu sesuai kebutuhan.


 

 

 

 

 

III. FASE-FASE KERJASAMA

 

 

1.      Kontrak Kerjasama

 

Proses kerjasama dilakukan dengan dimulainya penandatanganan kontrak kerjasama antar kedu bela pihak yan klausulnya   meliputi   bentuk kerjasama, model bisnis dan skema pembayaran, kewajiban pemeliharaan dan jaminan platform dapat berjalan dengan baik serta kewajiban dan hak- hak lain yang akan disepakati bersama.

 

2.      Pembayaran

 

Untuk memulai proyek maka terlebih dahulu dilakukan pembayaran biaya uang muka sebesar 30% dari harga. Sedangkan pembayaran keseluruhan dilakukan setelah adanya Berita Acara Serah Terima aplikasi.

 

3.      Pengembangan & Penyesuaian Sistem

 

Dilakukan penyesuaian platform berdasarkan kebutuhan perusahaan baik dari sisi tampilan, fungsionalitas dan bentuk pelaporan.

 

4.      Instalasi dan Training

 

Instalasi platform  yang  telah  disesuaikan  berdasarkan  permintaan  dan melakukan pelatihan bagi pengguna platform aplikasi.

 

5.      Uji Terima & Serah Terima

 

Sistem yang  telah  diinstalasi  dilakukan  uji   terima  apakah  sudah  sesuai dengan permintaan, bilamana sudah maka system tersebut diserahkan dan dapat digunakan untuk operasional perusahaan.

 

6.      Garansi & Pemeliharaan

 

 

Sistem yang  diserahterimakan  dan  diinstall  di  mitra dijamin  bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik dan benar bilamana terjadi gangguan maka akan dilakukan perbaikan oleh kami berdasarkan SLG Service Level Guarantee yang akan disepakati.

Pengumuman

Go to top